Friday 14 June 2013

Sejarah PASI di Indonesia

PASI ??
Pandangan kita pasti akan mengarah pada induk organisasi atletik di indonesia,
Uupzz benar, persatuan atletik seluruh indonesia.
 
Mungkin sudah tidak asing lagi bagi pecinta dunia atletik di indonesia, organisasi ini sudah banyak nama-nama atlet besar yang telah mengukir prestasi di dunia atletik.

klo kita sudah mengenal dunia atletik, lebih afdol lagi klo kita mengetanal dan tahu sejarah Pasi di indonesia.

Awal sejarah Atletik di Indonesia tercatat pada permulaan tahun 1930-an, ketika Pemerintah Hindia Belanda memasukkan Atletik sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah.

Di kalangan masyarakat pada waktu itu cabang olahraga ini belum tersebar luas, karena hanya dikenal di lingkungan pendidikan saja. Walaupun demikian, masyarakat lambat laun mengenal sifat dan manfaat Atletik ini dan dari hari ke hari penggemarnya bertambah.

Oleh kalangan Belanda telah dibentuk sebuah organisasi, yang akan menangani penyelenggaraan pertandingan-pertandingan Atletik dengan nama Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU).

Di Medan pada tahun 1930-an juga telah berdiri sebuah Organisasi bernama Sumatera Athletiek Bond (SAB), yang menyelenggarakan perlombaan-perlombaan Atletik antar sekolah Mulo, HBS dan perguruan-perguruan swasta.

Perkembangan Atletik di Pulau Jawa ditandai dengan berdirinya organisasi-organisasi Atletik seperti ISSV Hellas dan IAC di Jakarta. Pada tanggal 3 september 1950 seraca resmi PASI (PERSATUAN ATLETIK SELURUH INDONESIA) yaitu induk organisasi atletik di kota Semarang yang sampai sekarang tetap menjadi induk organisasi atletik seluruh indonesia.


0 komentar: